Artikel, Google Data Studio

Mengenal Google Data Studio

2 min read

Google Data Studio adalah sebuah platform visualisasi data yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, memprosesnya, dan menghasilkan laporan yang interaktif dan mudah dibaca.

Dengan Google Data Studio, pengguna dapat mengakses dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber, seperti Google Analytics, Google Sheets, MySQL, dan banyak lagi. Setelah data terkumpul, pengguna dapat membuat laporan yang menampilkan data dalam bentuk grafik, tabel, diagram, dan visualisasi data lainnya.

Google Data Studio sangat berguna bagi para profesional pemasaran digital, analis data, dan manajer bisnis untuk memantau kinerja kampanye dan membuat keputusan berdasarkan data. Platform ini juga dapat digunakan untuk membagikan laporan dengan tim atau klien, serta memungkinkan kolaborasi dalam membuat laporan secara bersama-sama.

Ini adalah contoh data yang dibuat dengan Google Data Studio. Dan kabar baiknya, ini tidak memerlukan kemampuan pemrograman sama sekali. Kita hanya perlu mempelajari dasar pengolahan data dalam tabel excel, khususnya fitur pivot.

Kumpulan Diagram & Cara Membuat Diagram Google Data Studio
https://www.posciety.com/

Dengan Google Data Studio kita dapat menyajikan data dalam bentuk yang lebih interaktif. Kita dapat membagikannya kepada orang lain dalam bentuk dashboard, atau kita juga dapat menyematkannya dalam halaman di website yang kita punya. Dalam praktiknya, Google Data Studio sering dipakai untuk membuat dashboard di bidang pemasaran, untuk menganalisa data pemasaran dan penjualan. Namun sebenarnya, Google Data Studio juga dapat kita gunakan untuk penyajian data seperti dashboard perusahaan.

Apakah google studio gratis?

Ya, Google Data Studio dapat digunakan secara gratis. Pengguna hanya perlu memiliki akun Google untuk dapat mengakses platform ini. Namun, ada batasan dalam jumlah sumber data yang dapat diintegrasikan dan jumlah laporan yang dapat dibuat pada akun gratis. Jika pengguna membutuhkan lebih banyak sumber data dan laporan, maka mereka dapat mengupgrade ke versi berbayar yaitu Google Data Studio 360. Namun, untuk kebanyakan pengguna, versi gratis sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Cara Mengakses Google Data Studio

Untuk mengakses Google Data Studio, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web (misalnya Google Chrome, Firefox, Safari) dan kunjungi situs web Google Data Studio di https://datastudio.google.com.
  2. Masuk ke akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu.
  3. Setelah masuk, Anda akan diarahkan ke dashboard Google Data Studio, di mana Anda dapat membuat laporan baru, mengelola laporan yang sudah ada, dan membagikan laporan dengan orang lain.
  4. Untuk membuat laporan baru, klik tombol “Buat Laporan Baru” di sudut kanan atas dashboard. Selanjutnya, pilih sumber data yang ingin Anda gunakan dan mulai membangun laporan Anda.
  5. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan, membagikan, atau mengunduh laporan dalam berbagai format file.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

×