Android

Intra vs VPN – Mana Lebih Cepat?

1 min read

Secara fungsi, Intra pada dasarnya adalah aplikasi DNS resolver yang melindungi pengguna saat mengakses DNS; mirip seperti aplikasi 1.1.1.1.

Virtual Private Network (VPN) sendiri bekerja dengan mengenkripsi lalu lintas Internet dan juga lokasi dari pengguna layanan tersebut. Jadi pengguna seolah-olah sedang berada di lokasi yang dipilih.

Sementara DNS 1.1.1.1 sendiri hanya memberikan enkripsi internet saja, namun lokasi dari pengguna tersebut masih sama seperti aslinya. Namun hal tersebut ternyata yang membuat aplikasi 1.1.1.1 ini menjadi lebih untung.

Dengan tidak diubahnya lokasi dari pengguna, maka aplikasi 1.1.1.1 masih dapat memberikan respon kepada server secara cepat, hal tersebut berbeda dengan VPN yang menggunakan koneksi jarak jauh dari negara lain yang pastinya membutuhkan waktu transfer yang lama.

Akses Netflix

Namun efek lain Intra adalah dapat menembus situs yang diblokir. Pasalnya pendekatan pemerintah saat memblokir sebuah situs adalah memasukkan situs tersebut ke semacam daftar hitam atau blacklist. Daftar ini yang kemudian digunakan penyedia layanan internet (ISP) memblokir situs tertentu. Seperti Netflix yang diblokir Telkom. Kalian dapat mengaksesnya dengan aplikasi ini.

Karena Intra mengenkripsi permintaan DNS, ISP tidak bisa melihat situs tujuan Anda. Alhasil, Anda pun bisa menembus situs yang diblokir itu.

Anda bisa download Intra di Google Play Store (link). Sedangkan Intra APK versi lama bisa di-download di sini.

Setelah men-install aplikasi Intra, Anda cukup membuka aplikasi dan menggeser toggle ke posisi On. Nanti akan muncul kotak konfirmasi untuk membuat jalur koneksi khusus untuk Intra ini. Setelah menekan OK, Intra pun aktif.

Ref: https://infokomputer.grid.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

×