Html

Mengatur Nilai Default pada Elemen Input HTML

1 min read
web statis adalah

Dalam pembuatan website, seringkali kita perlu membuat form input untuk mengumpulkan informasi dari pengguna. Salah satu elemen yang sering digunakan dalam form adalah elemen <input>. Elemen ini digunakan untuk membuat berbagai jenis field input, seperti teks, tanggal, email, dan lainnya.

Salah satu atribut yang bisa ditambahkan pada elemen <input> adalah atribut value. Atribut ini digunakan untuk mengatur nilai default atau nilai awal dari field input. Nilai ini akan muncul di field input ketika halaman web dimuat.

Berikut adalah contoh penggunaan atribut value:

<input type="text" value="SEUMUR HIDUP">

Pada kode di atas, field input akan secara otomatis terisi dengan teks “SEUMUR HIDUP” ketika halaman web dimuat. Pengguna masih dapat mengubah nilai ini jika mereka mau.

Berikut adalah contoh lain penggunaan atribut value dalam konteks form:

<div class="form-group">
    <label class="control-label col-md-3">TGL EXPIRED</label>
    <div class="col-md-9">
        <input name="dob" placeholder="SEUMUR HIDUP" class="form-control" type="text" value="SEUMUR HIDUP">
        <span class="help-block"></span>
    </div>
</div>

Pada kode di atas, field input dengan nama “dob” akan terisi dengan teks “SEUMUR HIDUP” secara otomatis ketika halaman web dimuat.

Mengatur nilai default pada field input dapat mempercepat proses pengisian form oleh pengguna, terutama jika sebagian besar field memiliki nilai yang sama untuk sebagian besar pengguna. Namun, perlu diingat bahwa nilai default ini harus dipilih dengan hati-hati untuk menghindari potensi kesalahan pengisian form oleh pengguna.

Demikian pembahasan tentang penggunaan atribut value pada elemen <input> dalam HTML. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang berguna dalam pembelajaran Anda. Selamat belajar!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts