Android

Intra – Solusi Netflix Indihome

2 min read

Anda kesulitan menembus situs yang diblokir? Coba gunakan Intra, aplikasi DNS resolver buatan Jigsaw. Jigsaw sendiri adalah salah satu unit bisnis Alphabet, perusahaan induk Google.

Secara fungsi, Intra pada dasarnya adalah aplikasi DNS resolver yang melindungi pengguna saat mengakses DNS; mirip seperti aplikasi 1.1.1.1.

Agar lebih jelas, mari kita sejenak melihat latar belakang tentang DNS (Domain Name System). Di era 80-an sebelum konsep DNS diperkenalkan, komputer yang terhubung ke internet diidentifikasi lewat nomor khusus yang disebut IP Address. Jadi, konsepnya mirip seperti nomor telepon yang digunakan saat ini.

Ketika jumlah komputer yang terhubung ke internet masih sedikit, identifikasi komputer berdasarkan nomor IP Address ini masih masuk akal. Namun ketika semakin banyak komputer terhubung ke internet, alamat komputer berdasarkan deretan angka menjadi sangat sulit untuk diingat.

Apa itu DNS

Karena itu, peneliti dari MIT mencari pendekatan berbeda. Mereka menemukan, orang lebih mudah mengingat deretan kata dibanding deretan angka. Dari situlah mulai diperkenalkan konsep alamat sebuah komputer di internet berdasarkan kata dan bukan angka.

Jadi ketika Anda mengetikkan “hajarsabrani.com”, browser mengetahui jika yang dituju adalah komputer tempat situs kami berada (yang memiliki IP Address 156.67.212.71.

Agar bisa seperti itu, dibutuhkan sebuah sistem yang bisa menerjemahkan alamat komputer berdasarkan kata ke alamat IP Address yang tepat. Di situlah peran DNS, yang bisa dianalogikan sebagai buku alamat yang menerjemahkan alamat berbasis kata ke angka (dan sebaliknya). Saat ini, layanan DNS resolver seperti ada banyak, seperti Google, CloudFlare, Dyn, dan banyak lainnya.

Namun pendekatan DNS ini juga mengandung kelemahan. Saat Anda mengetikkan alamat situs di komputer atau smartphone Anda, permintaan itu harus mencapai server DNS di internet. Dalam perjalanan dari komputer ke server DNS, permintaan Anda bisa dicegat atau diblokir. Bisa juga DNS-nya dimanipulasi; seharusnya ke hajarsabrani.com namun diarahkan ke playboy.com.

Nah, kelemahan inilah yang bisa dihindari saat menggunakan DNS resolver seperti Intra ini. Permintaan Anda ke server DNS akan dienkripsi, sehingga data tersebut tidak bisa diblokir atau dimanipulasi. Dengan kata lain, Intra akan melindungi privasi sekaligus meningkatkan security dari koneksi komputer/smartphone Anda ke server DNS.

Akses Netflix

Namun efek lain Intra adalah dapat menembus situs yang diblokir. Pasalnya pendekatan pemerintah saat memblokir sebuah situs adalah memasukkan situs tersebut ke semacam daftar hitam atau blacklist. Daftar ini yang kemudian digunakan penyedia layanan internet (ISP) memblokir situs tertentu. Seperti Netflix yang diblokir Telkom. Kalian dapat mengaksesnya dengan aplikasi ini.

Karena Intra mengenkripsi permintaan DNS, ISP tidak bisa melihat situs tujuan Anda. Alhasil, Anda pun bisa menembus situs yang diblokir itu.

Anda bisa download Intra di Google Play Store (link). Sedangkan Intra APK versi lama bisa di-download di sini.

Setelah men-install aplikasi Intra, Anda cukup membuka aplikasi dan menggeser toggle ke posisi On. Nanti akan muncul kotak konfirmasi untuk membuat jalur koneksi khusus untuk Intra ini. Setelah menekan OK, Intra pun aktif.

Ref: https://infokomputer.grid.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

×