Artikel, Browser

Apa itu Mesin Browser (Browser Engine)?

3 min read
browser engine

Mesin browser ( juga dikenal sebagai mesin tata letak atau mesin rendering ) adalah komponen perangkat lunak inti dari setiap browser web utama. Pekerjaan utama mesin browser adalah mengubah dokumen HTML dan sumber lain dari halaman web menjadi representasi visual interaktif pada perangkat pengguna .

Nama dan Cakupan

Mesin browser bukanlah program komputer yang berdiri sendiri tetapi bagian penting dari program yang lebih besar, seperti browser web , yang darinya istilah tersebut diturunkan. (Kata ” mesin ” adalah analogi dengan mesin mobil.)

Selain “mesin browser”, dua istilah lain yang umum digunakan terkait dengan konsep terkait: “mesin tata letak” dan “mesin rendering”. [1] [2] [3] Secara teori, tata letak dan rendering (atau “lukisan”) dapat ditangani oleh mesin terpisah. Dalam praktiknya, bagaimanapun, mereka berpasangan erat dan jarang dipertimbangkan secara terpisah.

Selain tata letak dan rendering, mesin browser memberlakukan kebijakan keamanan antara dokumen, menangani navigasi melalui hyperlink dan data yang dikirimkan melalui formulir , dan menerapkan struktur data Model Objek Dokumen (DOM) yang diekspos ke skrip halaman.

Menjalankan kode JavaScript (JS) adalah masalah terpisah, bagaimanapun, karena setiap browser web utama menggunakan mesin khusus untuk ini. Bahasa JS awalnya dibuat untuk digunakan di browser, tetapi sekarang digunakan di tempat lain juga, jadi implementasi mesin JS dipisahkan dari mesin browser. Di browser web, kedua mesin bekerja bersama melalui struktur data DOM bersama.

Mesin browser digunakan dalam jenis program lain selain browser web. Klien email membutuhkan mereka untuk menampilkan email HTML . Kerangka kerja Electron , yang didukung oleh dua mesin browser Google Chrome , telah digunakan untuk membuat banyak aplikasi .

Tata Letak dan Rendering

Tata letak halaman web biasanya ditentukan oleh Cascading Style Sheets (CSS). Setiap lembar gaya adalah serangkaian aturan yang diinterpretasikan oleh mesin browser. Misalnya, beberapa aturan menentukan detail tipografi , seperti font , warna, dan ukuran teks. Mesin menggabungkan semua aturan CSS yang relevan untuk menghitung koordinat grafis yang tepat untuk representasi visual yang akan dilukisnya di layar. [1]

Beberapa mesin mungkin mulai merender sebelum semua sumber daya halaman diunduh. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan visual karena lebih banyak data yang diterima, seperti gambar yang secara bertahap diisi atau sekilas konten tanpa gaya .

Jenis Mesin Browser

Karena platform Web adalah sekumpulan standar terbuka , ada beberapa implementasi mesin browser.

Gecko adalah mesin peramban Mozilla , digunakan di peramban web Firefox , klien email Thunderbird , dan paket internet SeaMonkey . [2] Goanna adalah cabang dari Gecko yang digunakan di browser Pale Moon . [3]

Apple menciptakan mesin WebKit untuk browser Safari -nya dengan membagi mesin KHTML dari proyek KDE . [5]

Google awalnya menggunakan WebKit untuk peramban Chrome -nya, tetapi akhirnya mem-forknya untuk membuat mesin Blink . [6] Semua browser berbasis Chromium menggunakan Blink, seperti halnya aplikasi yang dibuat dengan CEF , Electron , atau kerangka kerja lainnya yang menyematkan Chromium.

Meskipun Apple mengizinkan browser pihak ketiga sebagai alternatif untuk Safari di perangkat iOS , semua browser yang didistribusikan melalui App Store harus menggunakan WebKit sebagai mesin mereka. Misalnya, Opera Mini untuk iOS menggunakan WebKit, sedangkan semua varian Opera lainnya menggunakan Blink. (Opera sebelumnya menggunakan mesin Presto miliknya sendiri.)

Microsoft memelihara mesin EdgeHTML miliknya sendiri, yang merupakan penerus mesin Trident -nya. Namun, EdgeHTML sekarang hanya digunakan untuk aplikasi Platform Windows Universal , karena browser Edge telah dibuat ulang dengan mesin Blink. [7] [8]

Sumber: wikipedia.org


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

×