Artikel

Moving to WordPress.org

1 min read

Halo. Saya mulai pindah WordPress hari ini. Karena baru kenal diawal 2018. Jadi sebagai penggemar teknologi informasi dan komunikasi ini adalah sebuah hal yang lucu. Tidak lain karena sebelumya saya tidak terlalu menyukai coding¬†ūüôā

WordPress merupakan aplikasi terbuka yang sangat bertenaga untuk membantu kita membuat blog/website. Berbasis PHP dan MySQL, yang juga merupakan aplikasi terbuka. Karena kemampuannya untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan, platform ini juga dipakai sebagai CMS (Content Management System). Beberapa situs yang memakai CMS WordPress adalah CNN, The New York Times.

Matt Mullenweg, adalah sejarah dari WordPress di 2002.

Di umur 18 Tahun, Matt Mullenweg bersama Mike Little dan Michel Valdrighi (rekannya) mulai mengembangkan¬†coding¬†¬†WordPress. Dan pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis.¬† Walau Matt merupakan mahasiswa Drop Out (DO) dari kampusnya, ia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan sukses. Pada tahun 2007, Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari ‚Äú50 Orang Terpenting di Dunia Internet‚ÄĚ oleh PC World.

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, seperti blogger dan tumblr. Sangat mudah dan praktis untuk pengguna umum. Tetapi, fitur yang disediakan pun terbatas. Apabila ingin melakukan modifikasi seperti mengubah template atau menambah plugin, kita diharuskan berlangganan setiap bulan.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Saat ini saya memakai WordPress.org untuk belajar dasar pembuatan website. Mungkin, bagi teman-teman yang kesulitan untuk memulai darimana untuk belajar membuat website, bisa mencoba yang satu ini.

Ref: id.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts