Artikel, Windows Server

User CAL dan Device CAL Windows Server

1 min read
windows server

CAL atau Client Access License adalah lisensi untuk klien (baik device atau user) untuk mempunyai hak meng akses produk server Microsoft baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam penjualan nya, Microsoft menjual CAL dalam 2 versi yaitu Device CAL dan User CAL. Kali ini kita akan membahas, CAL manakah yang cocok untuk kita pakai di lingkungan kita.

Device CAL

Device CAL adalah CAL yang mengikat ke Device / perangkat yang dimiliki. Solusi pembelian Device CAL lebih ditujukan untuk perusahaan yang memiliki Device yang diakses oleh lebih dari 1 pengguna, contohnya adalah Call Center / perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja secara shift namun menggunakan Device yang sama. Pada gambar di bawah ini, terlihat ada 2 Device yang mengakses 2 Server namun 1 Device digunakan oleh banyak User, sehingga pembelian Device CAL akan lebih efektif dibandingkan dengan pembelian User CAL.

User CAL

User CAL adalah CAL yang mengikat ke User, User dalam artian di sini adalah internal employee. Solusi pembelian User CAL lebih ditujukan untuk perusahaan yang memiliki User yang mengakses server- server dengan lebih dari 1 perangkat, contohnya adalah 1 User mengakses email dengan 3 perangkat yang dia miliki (Notebook, Smartphone dan Tablet). Pada gambar di bawah ini, terlihat ada 2 User yang mengakses 2 Server namun menggunakan 3 Device yang berbeda, sehingga pembelian User CAL akan lebih efektif dibandingkan dengan pembelian Device CAL, walaupun harga User CAL lebih mahal daripada Device CAL, namun jika dibelikan 3 Device CAL untuk 1 User yang sama, maka akan lebih murah jika dibelikan hanya 1 User CAL.

Ref: social.technet.microsoft.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×