Tutorial, Wordpress

Easy WP SMTP – WordPress

1 min read
easy wp smtp

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah suatu protokol untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email kita.

Dalam wordpress self hosting, kita dapat menggunakan plugin Easy WP SMTP untuk mengatur protokol dari email yang akan kita gunakan untuk mengirim notifikasi (contoh: notifikasi postingan terbaru/notifikasi pembelian). Tanpa pengaturan ini, walaupun website kita terdapat fitur formulir, fitur subscribe dan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna menginput data ke website kita, kita tidak akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan otomatis karena belum terdapat SMTP yang kita konfigurasi.

Berikut tutorialnya.

Kemudian, upload melalui menu plugin di wordpress admin kalian.  Atau, kalian juga bisa download dan install langsung melalui menu plugin tersebut.

  • Aktifkan Plugin
  • Kemudian akses Plugin melalui menu Settings, Easy Wp Smtp.
  • Buka konfigurasi email yang akan kalian gunakan sebagai email pengirim di website kalian. Bisa gmail/custom email. Dibawah ini adalah panduan konfigurasi dari gmail.
Server Email Masuk (POP)pop.gmail.com

Gunakan SSL: Ya

Port: 995

Server Email Keluar (SMTP)smtp.gmail.com

SSL: Ya

TLS: Ya (jika tersedia)

Gunakan Autentikasi: Ya

Port untuk TLS/STARTTLS: 587

Jika Anda menggunakan Gmail dengan akun kantor atau sekolah, hubungi administrator Anda untuk konfigurasi SMTP yang benar.

Waktu tunggu serverLebih dari 1 menit (sebaiknya 5 menit)
Nama LengkapTuliskan Nama Anda
Nama AkunTuliskan Alamat email Anda
SandiSandi Gmail Anda

Jika kalian menggunakan email custom dari domain, temukan konfigurasi sejenis di pengaturan email kalian. Setelah menemukannya, kita hanya perlu memasukkannya ke pengaturan easy WP Smtp.

Jika pengaturan sudah disesuaikan, coba berpindah ke tab Test Email untuk melakukan tes pengiriman email. Jika berhasil tampilan akan seperti dibawah ini.

test smtp


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

×