Apa itu Format Gambar Avif

AVIF adalah format file gambar yang dikembangkan Alliance for Open Media dan dapat digunakan siapa saja. Kamu dapat menyimpan gambar diam dan animasi dengan ekstensi file .avif menggunakan kompresi lossless atau lossy.

Kompresi AV1 pada akhirnya akan menggantikan standar HEVC yang lebih lama. Karena wadah HEIC lama bergantung pada HEVC dan AVIF telah diperkenalkan sebagai format gambar baru yang menggunakan kompresi AV1 yang lebih baru.

Apa Itu AVIF?

AVIF singkatan dari AV1 Image File Format karena penggunaan kompresi AV1. Ini secara luas dilihat sebagai pengganti HEIC atau High-Efficiency Image Container) alih-alih AV1 yang lebih baru.

AVIF mendukung konten high dynamic range (HDR) dan standard dynamic range (SDR), termasuk ruang warna RGB dan BT.2020 yang umum digunakan. Format mendukung kedalaman warna 8, 10, dan 12-bit, film grain preservation, transparasi seperti gambar PNG serta animasi seperti format GIF.

FormatĀ gambarĀ baru ini menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada JPEG dan ukuran file yang lebih kecil, dengan artefak kompresi yang lebih sedikit dan pemblokiran gambar yang lebih sedikit. Apa arti semua itu? Diharapkan AVIF dapat membantu menghemat data baik untuk konsumen konten maupun web host yang menyajikan konten.

Dukungan AVIF telah berhasil masuk ke Google Chrome (versi 85), Mozilla Firefox (versi 93), dan versi terbaru dari mesin WebKit yang mendukung Safari. Apple belum memasukkan versi WebKit yang ramah AVIF ke dalam rilis publik Safari, tetapi Pratinjau Teknologi 149 memiliki dukungan AVIF. Ini menandakan fitur tersebut akan masuk ke iOS 16 dan macOS 13 pada musim gugur 2022.

Banyak perangkat lunak lain yang sudah mendukung AVIF, termasuk penampil gambar seperti XnView, pemutar media VLC, Paint.NET, dan Adobe Illustrator, dan sistem operasi termasuk Windows 10 dan lebih tinggi, Android 12 dan lebih tinggi, dan banyak distribusi Linux.

Sumber: techdaily.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.