Review

Alone | Safinanadisa x Ari Hamzah

2 min read

Kolaborasi dari Safinanadisa dan Ari Hamzah ini terbilang unik. Konteks unik yang dipandang dari kira-kira musik seperti apa yang akan dihasilkan oleh duo ini. Safina Nadisa atau biasa dipanggil Adis, mempunyai grup musik Indie asal Surakarta, bernama Jungkat-Jungkit dengan aliran Blues. Sedangkan Ari Hamzah, selepasnya istirahat dari Endank Soekamti, juga mempunyai grup musik lain, walaupun selama ini Mas Ari lebih sering tampil solo.

youtube.com

Single pertama mereka ‘Alone’, bisa dibilang berhasil mencuri perhatian penikmat musik indie termasuk saya haha. Suara unik Adis, melantun pelan diawal kemudian disusul dengan dentuman khas dari Ari Hamzah memasuki reff lagu. Saya nggak paham tentang jenis aliran ( genre ). Tapi di single ini saya rasa suara Adis benar-benar keluar aura-nya. Di beberapa lagu jungkat-jungkit, seperti lengkung pelangi saya rasa juga. Karakter suaranya cocok untuk lagu-lagu yang yaaa… seperti itulah saya tidak tau istilahnya ehehe. Sebelumnya, saya mendengar pertama kali suara Adis dari lagu Lengkung Pelangi. Berawal dari kolaborasi Adis dengan Endank Soekamti dalam pembuatan Video Lyric dengan bahasa isyarat. Sempat juga mengikuti beberapa video tour Jungkat-Jungkit ke India. Dan akhirnya mendengarkan lagi suara Adis yang kali ini datang dan berkolaborasi dengan Ari Hamzah.

Dalam proses rekaman single Álone’ di Studio Erros Chandra, Yogyakarta, Safina Nadisa dan Ari Hamzah keduanya mengakui belum pernah membawakan materi lagu seperti ini. Jika kalian mendengar opening dengan instrumen piano diawal lagu, maka Producer sekaligus Music Director, Tomo Widayat adalah tokohnya. Sepertinya Mas Tomo ini banyak melakukan multitasking dalam project ini hehe. Kalau dari Mas Tomo menilai, materi lagu ‘Alone’, lebih cenderung ke Folk.

Sedangkan untuk publikasi, single ini telah dirilis Lyric Video –nya di youtube pada 22 Mei 2017 lalu. Dimana, dalam pembuatan video ini melibatkan animator asal Hungaria, Vivien Sarkany, yang dikenal Adis dari kakak iparnya. Vivien sendiri mengaku sangat tertarik dalam pembuatan konten animasi stop motion dari puppet (wayang). Dibantu oleh Agnes Györfi, sebagai Character Design yang juga berasal dari Hungaria. Selain menariknya proses pembuatan animasi dalam Video Lirik, tidak kalah menarik adalah pembuatan karakter dalam animasi yang dibuat oleh Agnes secara manual. Hal ini yang membuat proses pembuatan animasi memang memakan waktu lebih lama. Itupun belum termasuk waktu dari proses pengambilan gambar dari setiap karakter yang telah dibuat. Mungkin itu yang semakin membuat animasi dalam Video Lirik ini terlihat spesial.

Yeah, dan untuk menikmati single ini kita sudah bisa mendengarkannya di Spotify. Semoga harapan dari Mbak Adis maupun Mas Ari, bisa terwujud. Dimana, ekspektasi dari pendengar musik yang menantikan karya dari Duo ini sesuai dengan harapan. Kalau dari saya sendiri, ini lebih dari ekspektasi. Cheerz!

Ref: Video ( behind the scene ‘alone’, Alone Video Lyric), Jungkat-jungkit on facebook,  soundcloud )


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×