WordPress

Flying Pages

1 min read
Flying Pages

Flying Pages memuat halaman web terlebih dahulu sebelum pengguna mengkliknya, sehingga halaman tersebut dapat dibuka secara instan.

Cara Kerja:

Flying Pages menyisipkan kode JavaScript kecil (1KB setelah dikompres) ke dalam halaman web kamu. Script ini kemudian akan menunggu browser menjadi tidak sibuk, lalu mendeteksi halaman-halaman yang berada di area pandang pengguna (viewport) dan saat kursor diarahkan ke tautan. Setelah itu, Flying Pages akan memuat terlebih dahulu halaman-halaman tersebut.

Flying Pages cukup cerdas untuk memastikan proses pra-muat ini tidak membebani server kamu atau memperlambat website.

Proses Pra-Muat:

  • Pra-Muat Halaman di Viewport: Flying Pages menggunakan ‘Intersection Observer’ untuk mendeteksi tautan yang berada di viewport (area pandang pengguna saat ini). Kemudian, Flying Pages memberi tahu browser untuk melakukan pra-muat halaman tersebut menggunakan ‘prefetch’. Jika ‘prefetch’ tidak tersedia, Flying Pages akan beralih ke metode ‘xhr’ (mirip dengan Quicklink).
  • Pra-Muat Halaman saat Hover: Ketika kursor diarahkan ke tautan tertentu, Flying Pages akan langsung melakukan pra-muat halaman tersebut menggunakan ‘prefetch’ (jika belum dilakukan pra-muat sebelumnya melalui proses di viewport). Cara kerja ini mirip dengan Instant.page.
  • Membatasi Jumlah Pra-Muat per Detik: Jika halaman web memiliki terlalu banyak tautan, memuat semuanya secara bersamaan dapat membebani server dan memperlambat website bagi pengunjung. Flying Pages membatasi jumlah pra-muat per detik (secara default 3 permintaan per detik) menggunakan antrian internal. Misalnya, jika ada 10 tautan di viewport, maka pra-muat untuk semua tautan tersebut akan dibagi menjadi 4 detik.
  • Menghentikan Pra-Muat saat Server Sibuk: Jika server mulai merespons dengan lambat atau mengembalikan error, Flying Pages akan menghentikan proses pra-muat untuk mengurangi beban server.
  • Memahami Koneksi dan Preferensi Pengguna: Flying Pages akan memeriksa apakah pengguna menggunakan koneksi lambat seperti 2G atau mengaktifkan mode penghemat data. Flying Pages tidak akan melakukan pra-muat apa pun dalam kasus ini.

Link plugin dan sumber : https://wordpress.org/plugins/flying-pages

Link artikel lainnya : https://hajarsabrani.com/blog/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat